Sunday 20 March 2011

Fit In A Cup

Gunakan cup yang pas untuk cake buatan sendiri. Dijamin makin “menggigit”!

Penampilan yang menarik, akan membuat Anda makin dilirik, begitu juga dengan cake  yang Anda buat. Tampil menarik adalah kewajiban, apalagi jika berniat memberikannya pada orang yang spesial atau dijual. Ternyata, selain cup  kertas, masih banyak cup lain yang bisa dipakai. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, intip di sini.

Cup Kertas

Terbuat dari kertas tipis dengan aneka corak menarik, harga lebih murah dan sangat mudah didapat.Dalam penggunaannya cup  ditempatkan dalam cetakan muffin  atau bolu kukus. Anda wajib menyesuaikan ukuran cup  dengan cetakan yang digunakan, agar hasil akhir kuenya rapi. Anda tinggal menuangkan adonan cake  ke dalam cetakan belapis cup  kertas lalu panggang atau kukus sampai matang. Agar lebih cantik, sehabis dipanggang, ganti cup  dengan yang baru lalu hias sesuai selera.

Cup Karton

Terbuat dari karton putih tebal. Cup ada yang berlapis plastik atau tidak. Anda bisa menggunakannya langsung tanpa dialasi cetakan lagi karena bentuknya kokoh.

Tersedia dalam corak-corak menarik, bahkan dapat menggambarkan rasa dari cupcake nya. Sebut saja cupcake kopi, Anda tinggal pilih cup  bergambar kopi, atau tulisan coffee ,  begitu juga untuk cupcake buah-buahan. Lebih menarik, kan, untuk jualan?

Cup Karton Berlipit

Mudah didapat dan corak sangat menarik. Tak heran jika harganya lebih mahal dari cup  kertas biasa. Sebaiknya tidak menggunakan cup  ini untuk mengukus karena cup  akan merekah dan rusak.

Cup Loyang

Ingin memberikan cake  tanpa pusing memikirkan wadahnya. Solusinya adalah cup  bentuk tulban, oval atau loaf  yang dapat digunakan sebagai Loyang. Gunakan cup dari karton tebal berwarna cokelat ini dengan menuangkan adonan langsung ke dalamnya. Tanpa perlu mengoleskan mentega, panggang cake sampai matang. Setelah matang dan kue dingin tutup dengan plastik bening, tambahkan pita. Nah, kue siap diantar.

Cup Hidangan

Penganan mungil seperti risoles, sus atau camilan lain lebih tertata rapi dalam piring hidang beralas cup  kertas cantik. Sesuaikan bentuk cup  dengan camilannya. Misalnya untuk risoles gunakan cup  lonjong, sedangkan untuk sus, gunakan cup  bulat yang disesuaikan ukurannya. Agar minyak cepat meresap dan cup tidak mudah robek, pilih cup  yang terbuat dari bahan plastik.

Tips:
1. Cup sebagai loyang sangat cantik jika digunakan untuk memanggang fruit cake. Gunakan api sedang agar kertas tidak rusak dan kue tidak gosong.
2. Simpan cup dengan rapi sesuai bentuk dan ukurannya, masukkan dalam kantong plastik.
3. Masukkan cup yang tidak terpakai dalam kantong plastik bening, agar mudah terlihat jika ingin digunakan lagi.
4. Jangan paksa cup masuk ke dalam cetakan jika memang tidak sesuai dengan bentuknya, karena akan memengaruhi hasil cake.
5. Segera keluarkan bolu kukus setelah matang, agar uap panas cepat hilang dan air tidak meresap ke cup kertas.

 Erwin Kuditawati